Bom di Pemakaman Pakistan Renggut 38 Jiwa

ISLAMABAD – Serangan bom bunuh diri di Distrik Swat, Pakistan, dini hari tadi menewaskan sedikitnya 38 jiwa. Serangan brutal itu terjadi di tengah kerumunan orang yang tengah menghadiri pemakaman seorang anggota polisi yang tewas dibom saat bertugas di Lakki Marwat, Distrik Bannu,Waziristan Utara, kemarin pagi waktu setempat.

Ironisnya, serangan tersebut terjadi beberapa hari setelah militer Pakistan mengklaim berhasil menguasai Distrik Swat yang menjadi salah satu kantor milisi.

Juru bicara kepolisian Swat, Karamat Shah yang berada sekitar 500 meter dari ledakan mengatakan, sebanyak 67 peziarah dan sejumlah anggota polisi terluka. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu.

Kendati demikian, Shah menduga pelaku bom bunuh diri merupakan anggota Al Qaeda yang bersembunyi di perbatasan Pakistan-Afghanistan. Serangan di Distrik Swat ini diduga berkaitan dengan serangan bom bunuh diri di Rawalpindi, Senin (25/2) lalu, yang menewaskan seorang komandan militer.

“Serangan terjadi saat puluhan warga mengantar jenazah seorang anggota yang tewas dibom. Pelaku menyusup di antara peziarah dan langsung meledakkan diri,”papar Shah.

Serangan di Distrik Bannu menambah panjang daftar korban tewas akibat kekerasan di Pakistan yang telah mencapai 450 jiwa dalam satu tahun ini. Diperkirakan, jumlah korban tewas itu terus meningkat seiring belum kondusifnya keamanan di negeri itu.

Serangan bom bunuh diri mulai marak setelah militer dan polisiPakistan menyerang puluhan milisi yang bersembunyi di Masjid Merah, Islamabad, akhir Juli lalu.

Situasi kian memanas, setelah kematian mantan Perdana Menteri (PM) Benazir Bhutto seusai kembali dari pengasingannya di London, Inggris, pertengahan November silam. Bahkan, politikus berwajah ayu ini harus meregang nyawa ditembak milisi seusai berkampanye di Rawalpindi, 27 Desember silam. Pemerintah menuduh AlQaeda sebagai pembunuh Bhutto.

sumber: http://www.okezone.com

Ditulis dalam News. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: