WiMax Berpotensi Ganggu Komunikasi Satelit

SAN FRANSISCO – Sekelompok peneliti Satelit menemukan adanya gangguan transmisi sinyal satelit yang diakibatkan oleh jaringan komunikasi Wimax.

Satelite Users Interference Reduction Group (SUIRG) telah memberikan peringatan kepada industri telekomunikasi dunia yang menyatakan bahwa jaringan komunikasi WiMax memiliki potensi untuk mengganggu sinyal satelit yang ditransmisikan ke dalam frekuensi C-band.

Frekuensi C-band sangat berhubungan erat dengan sistem penerimaan satelit TVRO, yang biasa disebut dengan sistem ‘big dish’. Kebanyakan antena C-band memiliki ukuran 2.5 hingga 3.5 meter dan juga ada yang lebih besar lagi.

Kebanyakan frekuensi satelit C-band digunakan untuk downlink di kisaran 3.7 hingga 4.2 Ghz, dan untuk uplink di kisaran 5.925 hingga 6.425 Ghz. C band biasanya digunakan untuk open satellite communication, baik untuk jaringan TV satelit full time atau dan sejenisnya.

Penelitian yang dilakukan oleh SUIRG ini dilakukan untuk mengukur tingkat gangguan yang dihasilkan dari transmisi fixed Wimax kepada stasiun penerimaan satelit FSS. Metode yang digunakan adalah dengan pengukuran terhadap C/N (carrier/noise), I/N (interference/noise), BER (bit error rate) dan spektrum plot dari video channel hasil downlik satelit.

Dilansir melalui Cellular News, Sabtu (8/3/2008), dalam penelitian tersebut, SUIRG menemukan bahwa sinyal transmisi WiMax dapat menyebabkan gangguan yang signifikan terhadap sinyal digital satelit jika berada di radius 12 kilo meter lebih. Namun, data BER yang didapat diturunkan dari nominal 10-8 menjadi BER 10-4. Kenyataan ini merupakan quality of service yang tidak bisa diterima dalam industri telekomunikasi digital. (srn)

(sumber: http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: