Dada Bidang Dengan Dada Ayam

Daging dada ayam merupakan makanan utama atlit binaraga. Hal ini disebabkan karena daging dada ayam mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Protein dibutuhkan untuk membangun dan memulihkan sel otot.

Tahukah Anda? Daging dada ayam mempunyai kadar lemak yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan paha ayam. Sehingga dada ayam merupakan makanan yang sangat baik untuk fitnessmania baik yang sedang melakukan program weight loss maupun program muscle building. Tentunya kebutuhan konsumsi daging dada ayam bagi para bodybuilder berbeda dengan orang-orang biasa karena kebutuhan harian yang dianjurkan berbeda. Usahakan memilih daging ayam kampung daripada daging ayam broiler karena lebih bernutrisi dan sehat.

Tetapi perlu diingat bahwa cara memasak makanan berpengaruh terhadap perubahan kandungan nutrisinya. Dada ayam goreng akan jauh lebih berlemak daripada dada ayam yang direbus atau dipanggang. Jadi cara pemprosesan yang terbaik adalah dengan mengkukus, merebus dan memanggang. Hindari memasak dada ayam dengan cara menggoreng. Kandungan lemak dan kolesterolnya akan meningkat tajam setelah digoreng. Jangan lupa juga untuk memisahkan dan tidak mengkonsumsi kulit dan jerohan ayam karena mengandung kadar lemak yang tinggi pula.

100 gr dada ayam rebus tanpa kulit mengandung 29 gr protein; 165 mg fosfor; 22,3 mcg selenium; 0,3 mg vitamin B6; 8,5 mg niacin; 78,5 mg choline. Kandungan jenis protein dan asam amino yang tertinggi adalah glutamic acid yaitu sebesar 4340 mg disusul aspartic acid (2583 mg), lysine (2462 mg) dan leucine (2175 mg).

Namun Anda perlu mewaspadai kandungan kolesterolnya yang tinggi yaitu 77 mg per 100 gr dada ayam rebus tanpa kulit. Kandungan sodiumnya juga lumayan tinggi yaitu 63 mg untuk porsi yang sama. Kalorinya juga tergolong cukup tinggi yaitu 151 dengan pembagian kalori dari protein sebesar 124 dan dari lemak sebesar 27,3.

Kandungan asam lemak Omega 3 dan Omega 6 dalam daging dada ayam juga cukup bagus yaitu masing-masing 60 mg dan 500 mg. Dada ayam juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, EPA, DHA, zinc dan selenium sebagai nutrisi anti-peradangan. Namun sekaligus juga mengandung lemak jenuh dan asam arachidonic yang dapat menyebabkan peradangan.

Kandungan per 100 gr daging dada ayam tanpa kulit

Protein dan asam amino                    %DV

Protein 29.0 g                                       58%

Tryptophan                 339 mg

Threonine                   1224 mg

Isoleucine                   1530 mg

Leucine                      2175 mg

Lysine                        2462 mg

Methionine                 802 mg

Cystine                       371 mg

Phenylalanine              1150 mg

Tyrosine                     978 mg

Valine                         1437 mg

Arginine                      1748 mg

Histidine                     900 mg

Alanine                       1581 mg

Aspartic acid 2583 mg

Glutamic acid 4340 mg

Glycine                       1424 mg

Proline                        1192 mg

Serine                         997 mg

Hydroxyproline           ~

Vitamin, Mineral dan lain-lain          %DV

Riboflavin                     0.1 mg 7%

Niacin                          8.5 mg 42%

Vitamin B6                   0.3 mg 17%

Choline                         78.5 mg

Betaine                         5.7 mg

Fosfor                          165 mg             17%

Zinc                              1.0 mg 6%

Selenium                       22.3 mcg          32%

Cholesterol                   77.0 mg            26%

Water                           68.3 g

(sumber: http://www.sportindo.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: