Syahadat Cinta, Semangat Pencarian Tuhan

Film yang mengangkat cerita dari Novel Karya Tauffiqurrahman al-Azizy ini, menceritakan tentang semangat pencarian cinta dan agama, Iqbal (Arif Rahman), seorang anak muda kota yang Bengal, tukang mabuk dan suka berkelahi.

Suatu ketika Iqbal terhentak penyesalan karena membuat mamanya, Ibu Dewi (Minati Atmanagara) celaka dan tanpa sengaja hingga menderita koma. Penyesalan itu membawanya ke alam pesantren pimpinan Kyai Shidiq (H Muchtar Sum) nun jauh di daerah. Dia ingin mencari Tuhan sekaligus ingin mengalahkan masa lalu yang kelam.

Tetapi dalam perjalanan itu ternyata tidaklah mudah. Perilaku metropolis membuat dia tidak sabar dan berbenturan dengan aturan serta tata perilaku orang pesantren. Iqbal tidak puas, bahkan kemudian mengalami friksi dengan berbagai orang, antara lain dengan gadis cantik Aisyah (Imel), yang tidak lain adalah cucu Sang Kyai.

Iqbal kemudian terusir dari pesantren, dan terdampar di Solo. Di kota ini Ia bertemu keluarga Bu Jamilah (Donna Harun) yang miskin dan sholeh. Dari ibu Jamila dan anaknya Irsyad (Ricky Harun), dia justru menemukan keagungan Islam yang bertekad menjadi seorang mualaf. Tetapi di saat dia mulai menemukan Tuhan, justru berurusan dengan pihak yang berwajib karena memfitnah tersangkut organisasi teroris.

Beruntung, kesaksian orang-orang yang baik hati membuatnya lepas. Dia pun kembali dijemput masuk pesantren. Bukan berarti persoalan selesai. Dia harus mengalami berbagai benturan, antara lain dengan santri senior Rahmat (Hengky Kurniawan). Dia juga mengalami ujian iman, antara lain Unian Cinta Santriwati Zaenab (Aditya Putri), dan Pricilla, yang teraniaya karena pilihan agamanya.
Berhasilkah Iqbal dalam mencari Tuhan dan Cinta? Serta Dapatkah Iqbal menghilangkan tradisinya seperti Mabuk, Narkoba, serta anak Bengal? Saksikan Perdana Film Syahadat Cinta pertengahan tahun ini.
Judul: Syahadat Cinta
Sutradara: Gunawan Panggaru
Pemain: Ricky Harun, Aditya Putri, Donna Harun, Rico Tampatty, Minati Atmanagara, Hengky Kurniawan, Donna Harun, dll.
Produksi: PT Piramid Citra Perkasa.
(mbs)
(Sumber: http://www.okezone.com)

Ditulis dalam resensi film. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Syahadat Cinta, Semangat Pencarian Tuhan”

  1. m3l4n13 Says:

    kapan mulainya? nich dah blan juli….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: