Workshop Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengelolaan Sampah Kering

M Budi Santosa – Okezone
JAKARTA – Sunlight, produk sabun pencuci piring terkemuka membuktikan komitmennya dalam merealisasikan program Ibu Bersinar Sunlight yang telah dicanangkan sejak April lalu dengan mengadakan sebuah pelatihan bertajuk Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengelolaan Sampah Kering pada 21 dan 22 November 2007 di Jakarta.

Program pelatihan ini merupakan kerja sama Sunlight dan Jakarta Green & Clean Program bertujuan untuk memberikan pembekalan dan mengajak para ibu rumah tangga Indonesia untuk dapat memulai usaha kecil menengah (UKM) dengan cara mengelola kemasan bekas produk-produk Unilever menjadi sesuatu yang berguna, kreatif dan memiliki nilai jual.

Marketing Manger Household Care, PT Unilever Indonesia Tbk Herry Budiazhari menjelaskan, “Program ini merupakan kelanjutan dari serangkaian kegiatan Sunlight dalam meningkatkan kualitas hidup para ibu rumahtangga Indonesia. Kami berkolaborasi dengan Jakarta Green & Clean Program. JGC Program sendiri sudah dimulai sejak 2006 oleh Yayasan Unilever Peduli bersama sejumlah media dan LSM aksi Cepat Tanggap, dengan tujuan mengurangi jumlah sampah di masyarakat secara berkelanjutan dengan melibatkan partisipasi & peran aktif masyarakat.”

elama workshop dua hari ini sebanyak 100 peserta se-Jabodetabek yang tergabung dalam Ibu Bersinar Sunlight dan kader lingkungan akan diberikan materi seputar motivasi dan kiat kewirausahaan di samping secara langsung dibekali ketrampilan menjahit kemasan bekas produk-produk Unilever menjadi barang bermanfaat seperti tas, dompet atau payung dengan desain yang menarik minat.

Program Pemberdayaan Perempuan melalui Pengelolaan Sampah Kering akan diimplementasikan secara berkesinambungan di mana para peserta akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan (mentoring) dalam mengolah sisa kemasan plastik menjadi barang yang berguna. “Bekerja sama dengan salah satu perusahaan daur ulang, hasil karya para ibu rumahtangga yang dihasilkan selama workshop akan dibantu pendistribusian dan pemasarannya ke konsumen,” tambah Herry.

“Aspek penting yang ingin dicapai oleh program ini adalah meningkatkan potensi di masyarakat dalam hal pengurangan jumlah sampah yang ada di masyarakat dengan memanfaatkannya (terutama sampah kemasan plastik) menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan memiliki daya jual di masyarakat,” kata Joseph Bataona, Director of Human Resources & Corporate Relations, PT Unilever Indonesia Tbk. �

Senada dengan Joseph, Direktur Masima Hanny Soemadipradja menyatakan Jakarta Green & Clean mendukung gagasan mengenai kesadaran berlingkungan yang baik di wilayah yang ditinggali, salah satunya dengan mereduksi sampah secara berkelanjutan dengan berbagai cara.

“Dari program tersebut, kami menemukan bahwa ibu-ibu memiliki potensi yang luar biasa untuk ikut berperan aktif mengelola lingkungannya. Dalam kesempatan ini kita menggandeng Sunlight yang ternyata memiliki visi yang sama untuk mengembangkan potensi yang ada di masyarakat, khususnya para ibu. Harapannya adalah kerja sama antara JGC dengan Sunlight akan meningkatkan potensi para ibu untuk lebih berperan aktif dalam mengelola lingkungannya demi kebaikan bersama.”

Astati Syahrul Effendi, Ibu Walikota Jakarta Selatan menuturkan,”Kami senantiasa mendukung kegiatan yang sifatnya membangun dan menambah wawasan masyarakat. Workshop ?Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengelolaan Sampah Kering’ yang diselenggarakan oleh Sunlight dan Jakarta Green & Clean merupakan contoh nyata kepedulian terhadap kemajuan para ibu Indonesia. Kami percaya bahwa dengan digalakkannya kegiatan pemberdayaan perempuan semacam ini, maka akan lebih banyak ibu rumahtangga yang bisa lebih trampil, mandiri, berdikari dan termotivasi untuk memajukan tingkat hidupnya baik secara ekonomi maupun sosial.”

Prestasi dan keberhasilan para ibu rumahtangga dalam mengelola UKM akan lebih dipacu lagi dengan diberikannya beragam insentif selama program ini berlangsung. Di awal Januari 2008 serangkaian road show akan diselenggarakan untuk menggalang lebih banyak peserta. Sunlight dan JGC juga akan memberikan penghargaan bagi mereka yang berhasil menciptakan UKM yang sukses, dengan kriteria memiliki sistem pengelolaan sampah yang terpadu, hasil berkualitas dengan design yang menarik.�
(mbs)
(sumber: http://www.okezone.com)

Ditulis dalam info. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: