Tes DNA Deteksi Kanker Seviks

TES DNA identik dengan identifikasi asal usul genetik. Padahal, tes ini mempunyai manfaat lain, seperti deteksi dini kanker serviks.

Tak hanya efektif untuk mengidentifikasi asal usul genetik, lebih dari itu tes DNA mampu dimanfaatkan untuk mendeteksi jenis penyakit yang erat kaitannya dengan virus yang biasanya ditularkan melalui darah. Sebut saja virus hepatitis dan HIV AIDS.

Bahkan, menurut penelitian terbaru di Kanada seperti yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, tes DNA bisa mendeteksi dini virus Human Papillomavirus (HPV) yang merupakan penyebab kanker leher rahim atau serviks. Secara klinis, tes DNA malah terbukti lebih akurat dibandingkan dengan teknologi pemeriksaan sebelumnya, papsmear.

Studi itu sendiri dilakukan pada 10 ribu wanita Kanada berusia 30-69 tahun. Kesemua wanita tersebut diharuskan menjalani papsmear dan tes DNA. Hasilnya, tes DNA lebih akurat 94,6 persen ketimbang papsmear yang hanya mencapai tingkat keakuratan 55,4 persen.

Sayangnya, penggunaan tes DNA untuk mendeteksi kanker serviks belum begitu dikenal. Sebab, hingga saat ini yang dikenal untuk mendeteksi adalah papsmear.

Meski telah lama digunakan, papsmear banyak dikeluhkan oleh wanita. Banyak dari mereka merasa tidak nyaman ketika menjalani papsmear. Seperti papsmear, tes DNA untuk mendeteksi kanker serviks dilakukan dengan cara yang hampir sama. Perbedaannya, tes DNA tidak mencari sel-sel yang memicu kanker serviks. Tes ini justru mencari ada atau tidaknya virus Human papillomavirus, sebagai virus pemicu kanker serviks.

“Ketika kamu melakukan pemeriksaan, yang kamu inginkan adalah hasil yang benar-benar tepat dan sensitif. Kamu tidak ingin ada sedikit kejanggalan dengan pemeriksaan tersebut,” kata Dr Marie-Helene Mayrand, dari University of Montreal. “Masalah papsmear, rata-rata pemeriksaan yang berhasil hanya mencapai 55 persen. Berbeda dengan pemeriksaan HPV dengan tes DNA yang mencapai 95 persen,” katanya.
(sumber: http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: