Kawasan Kemang Jadi Kampung Modern

PEMERINTAH provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera menjadikan Kemang menjadi perkampungan modern. Dengan demikian, pemprov akan segera mengubah peruntukan kawasan tersebut dari izin perumahan menjadi izin komersial. Untuk itu, Dinas Tata Kota DKI Jakarta saat ini sedang melakukan kajian untuk segera merumuskan perubahan izin tersebut.

Menurut Kepala Dinas Tata Kota DKI Jakarta Wiriyatmoko, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan penelitian dan rencananya sekitar satu hingga dua bulan ke depan kajiannya sudah ada. Dengan begitu, perubahan status dari perumahan menjadi kawasan komersial akan segera terwujud. “Kalau sudah selesai, kita akan bawa ke gubernur,” kata Wiriyatmoko, Senin (2/7/2008).

Wiriyatmoko menambahkan, jika wilayah tersebut sudah berubah izinnya menjadi kawasan komersial sesuai dengan Perda No 1/2006 tentang Restribusi, kawasan tersebut otomatis akan terkena tarif retribusi. “Kalau sekarang karena peruntukannya masih sebagai rumah, maka belum ada retribusinya,” ungkapnya.

Karena itu, para penghuni maupun pelaku usaha di kawasan tersebut diminta untuk segera menyiapkan segala keperluannya untuk segera mengubah status izin mereka. Sebab, bila para pelaku usaha yang ada di Kemang belum melakukan perubahan izin, pemprov mempunyai kewenangan untuk membongkar bangunan yang menyalahi izin.

Pakar Planologi dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna mengatakan, pemprov harus menjelaskan konsep kampung modern yang akan dibangun di Kemang.

Sebab, yang namanya kampung itu harus mempunyai ciri khas, baik itu ciri khas ekonomi atau sosial budaya. “Pokoknya bila memang benar-benar berubah, harus ada ciri khasnya,” tuturnya.
(Sumber: http://www.okezone.com)

Ditulis dalam info. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: