Kapal Pesiar Mewah Lolos dari Pembajakan

59ggglbs0w

CANBERRA – Kapal pesiar bintang enam bernama Nautica nyaris disandera pembajak di Teluk Aden antara Somalia dan Yaman Senin kemarin. Kapal tersebut sempat ditembak sebanyak delapan kali namun tidak sampai merusak kapal.

Kapten kapal sebelumnya sudah mengetahui ada dua kapal mencurigakan mendekati Nautical. Saat jarak mencapai beberapa ratus meter mereka langung menembaki.

Kapal pesiar mewah yang saat itu mengangkut 684 penumpang tersebut melewati sebuah kapal nelayan sebelum masuk dalam jangkauan pembajak. “Kapten kapal langsung mengumumkan ada dua kapal mencurigakan mendekat. Kapten juga menyuruh semua pintu ditutup dan penumpang masuk ke kamar masing-masing,” ungkap Tim Rubacky juru bicara kapal pesiar seperti dikutip News.au, Selasa (2/12/2008).

Kapten langsung menghubungi pihak International Piracy Taskforce untuk meminta bantuan, mereka menyarankan untuk langsung menjauhi pembajak tersebut.

“Kami memiliki banyak teknik untuk melarikan diri dari pembajak. Dalam kondisi tersebut, kami hanya memacu kecepatan secepat mungkin dan membuat jarak lebih jauh dengan kapal pembajak,” kata Rubacky.

Tidak ada laporan korban jiwa dan luka. Juru bicara Angkatan Laut Danish Jesper Lynge mengatakan, kapal militer memberitahukan taktik kepada kapal-kapal yang melintas untuk menghindar dari serangan pembajak.

Kapal-kapal yang melintas kawasan tersebut memang kerap menjadi sasaran pembajak. Data International Maritime Bureau mengungkap, sudah 90 kasus pembajakan terjadi selama 2008 ini. Terakhir kapal tanker bermuatan 2 juta barel minyak senilai USD100 juta milik Arab Saudi dibajak.

Rubacky mengatakan, Nautica melanjutkan perjalanan menuju Singapura setelah itu dijadwalkan tiba di Sydney pada liburan Natal dan Tahun Baru. Selanjutnya kapal akan merapat ke Selandia Baru.

(Sumber: http://www.okezone.com)

Ditulis dalam News. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: