Penggunaan Handsfree Ternyata Juga Berbahaya

LONDON – Satu alternatif cara berbicara saat berkendara mobil adalah dengan menggunakan handsfree, tapi cara tersebut ternyata tidak menyelesaikan masalah dan tetap berbahaya bagi pengemudi. Bahkan, cara tersebut dianggap lebih berbahaya daripada pengemudi berbicara dengan penumpang lain dalam satu mobil.

Peneliti dari Universitas Utah menganalisa sebanyak 41 pengendara yang mengendarai sebuah alat simulasi sejauh delapan mil. 41 pengendara itu diminta melakukan� pembicaraan lewat handsfree, lalu berbicara dengan penumpang lain, dan tidak berbicara sama sekali dalam perjalanan. Pengendara tersebut rata-rata berusia muda dan terdiri dari perempuan dan laki-laki.

Harian Telegraph, Selasa (2/12/2008) melansir, dari hasil penelitian tersebut ternyata berbicara menggunakan handsfree lebih berbahaya dan berdampak pada cara mengemudi.

Ketika berbicara menggunakan handsfree, para pengemudi tersebut seringkali keluar dari jalur dan reaksi mereka menurun saat harus berbelok arah. Selain itu, pengemudi itu juga kesulitan untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depan atau di belakangnya.

Hingga saat ini menggunakan ponsel sambil berkendara telah menjadi perhatian utama negara-negara di dunia. Di Amerika tercatat 23 kecelakaan fatal yang mengakibatkan 64 orang cedera serius dan 259 cedera ringan akibat menggunakan ponsel saat berkendara pada tahun 2007. Banyak peneliti menyarankan, sebaiknya para pengemudi menjauhkan ponselnya saat berkendara.
(Sumber: http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: