Hidup Sehat dengan Yoga

main_yoga.jpg

SEHAT jiwa dan raga sudah menjadi impian semua orang baik pria dan wanita. Untuk membentuk raga selaras keinginan, dapat dengan pergi ke gym karena menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang saat ini. Namun, berlatih di gym hanya dapat membentuk fisik semata, tidak dapat membuat jiwa lebih sehat.

Untuk memeroleh keduanya, ada langkah yang dapat ditempuh yaitu dengan berlatih yoga. Mempelajari teknik yoga akan mengeksplorasi diri sendiri, sehingga dapat memaksimalkan segenap potensi diri yang belum dikenali. Karena pada dasarnya tubuh manusia merupakan perangkat komputer yang super canggih sekaligus pesawat yang dapat membawa dirinya menjelajah ke seluruh pelosok penjuru bumi dan langit.

“Yoga itu sangat kompleks untuk memberi kesejukan pada jiwa dan membuat badan terasa nyaman. Dengan melakukan yoga dapat membantu mulai dari fisik, tidak hanya mengolah otot-otot tubuh bagian terluar, bahkan otot-otot tubuh terdalam pun diolah sehingga menjadi lebih sehat. Tak hanya itu saja, yoga juga dapat membuat pikiran lebih jernih. Sehingga yoga dapat membantu seseorang untuk tetap berpikir positif,” kata Josephine Ichihara, instruktur yoga dari “Rumah Yoga” ketika ditemui okezone di studionya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/3/2008).

Di dalam sebuah yoga, ada delapan bagian yang tidak terpisahkan yaitu Yama (mengendalikan diri), Niyama (ketaatan), Asana (sikap badan), Pranayama (pengaturan nafas), Pratyahara (pengaturan diri atau indra), Dharana (konsentrasi), Dhyana (meditasi), dan Samadhi (keseimbangan).

Menurut wanita yang akrab disapa Jo, bagian-bagian yoga tersebut tidak dapat dipisahkan, sebagaimana bagian tubuh manusia yang juga tidak dapat dipisah-pisahkan. Pengaturan napas tanpa pengaturan diri, bukanlah yoga, demikian seterusnya. Kedelapan bagian tersebut adalah satu kesatuan yang membentuk gerakan-gerakan dalam yoga yang berjumlah lebih dari seribu gerakan.

“Karena itu, berlatih yoga tidak hanya harus dilakukan dalam studio, tapi juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya, gerakan yoga itu terdiri dari seribu gerakan yang bisa dilakukan sesuai kemampuan diri. Sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda pada badannya, sehingga dapat memahami sendiri gerakan-gerakan apa yang dapat dilakukan dan tidak,” jelas wanita keturunan Jepang yang sudah tinggal lama di Hawaii, USA itu.

Tak hanya dilakukan oleh kaum Hawa saja, kini yoga pun banyak diminati oleh kaum Adam. “Saat ini kaum Adam pun sudah banyak yang mengikuti yoga karena mereka mulai menyadari khasiat yoga dalam menghadapi hidup dengan berbagai permasalahannya. Bahkan dari peserta Rumah Yoga yang sudah berjumlah 1.300 orang, 25 persennya adalah pria,” ungkap Anita Buntarman, owner Rumah Yoga seraya menuturkan untuk memilih studio yoga yang instruktur yang bersertifikat.

Jo, wanita yang mengawali kariernya sebagai instruktur yoga dari body builder gym di California itu telah mengajar yoga di beberapa negara. “Saya pernah mengajar yoga di Singapura. Tapi berbeda sekali dengan mengajar yoga di Jakarta. Kalau masyarakat Singapura pada umumnya lebih berpikir karier, jadi ketika mereka berlatih yoga itu tidak tahu ingin berbuat apa pada badannya. Sementara di Jakarta mereka sangat baik penerimaannya, karena telah mengetahui mengenai apa yang akan dilakukan terhadap tubuhnya,” papar wanita yang telah mengenal yoga sejak 10 tahun lalu itu.

Menurut Anita, satu hal yang menjadi faktor utama yang harus diperhatikan untuk Anda yang ingin mengikuti kelas yoga, yaitu jangan memberi asupan makanan sebelum latihan. “Sebelum latihan itu perut harus kosong, karena kalau dalam posisi perut penuh ada beberapa gerakan yoga yang dapat membuat perut mual. Maka, minimal dua jam terakhir asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh,” imbuh pemilik Millenia yang bergerak di bidang home furnishing itu.

Aktivitas yoga, lanjutnya, sudah dimulai di mana para “yoga addict” ini sudah memulai aktivitas paginya. Ada kelas yang dimulai dari jam 09.00 pagi dan ada pula kelas malam jam 18.30. Umumnya dilakukan selama satu setengah jam. Bahkan uniknya, di studio yoga yang berada di dekat perkantoran ini membuka kelas khusus pada waktu jam makan siang. Cukup merogoh kocek Rp140 ribu (1 sesi), Rp 950 ribu (10 sesi), pikiran dan raga Anda akan lebih fit. Bagaimana, tertarik? (mbs)

2 Tanggapan to “Hidup Sehat dengan Yoga”

  1. departalahne Says:

    Wahhh siiip tuhhhh ikutan ahhhh

  2. gomez Says:

    bisa dilampirkan semam buku panduan yoga gak

    Thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: